GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Bank OCBC NISP Akuisisi Bank Commonwealth, 1146 Karyawan Berpotensi Di-PHK

Bank OCBC NISP Akuisisi Bank Commonwealth, 1146 Karyawan Berpotensi Di-PHK
Bank OCBC NISP. (Dok. Ist)

RepublikIndonesia.net - PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) telah mengakuisisi 99% saham PT Bank Commonwealth. 

Namun, akuisisi ini membawa dampak buruk bagi 1146 karyawan Bank Commonwealth yang berpotensi mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Keputusan PHK diambil tanpa transparansi dan tanpa melibatkan para karyawan.

Serikat pekerja Bank Commonwealth telah melakukan diskusi dengan manajemen bank dan kesimpulannya, karyawan yang terkena PHK akan diberikan uang pesangon sebagai kompensasi. 

"Pokoknya karena Bank ini di akusisi, otomatis semuanya PHK ada 1.146 karyawan," jelas Saepul dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (23/7).

Sayangnya, uang pesangon ini diambil dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang merupakan hak karyawan sejak lama sebelum terjadi akuisisi. 

Keputusan manajemen untuk menggabungkan DPLK dengan uang pesangon akan merugikan karyawan.

Manajemen OCBC NISP menargetkan akuisisi ini selesai pada tahun ini dan proses penggabungan atau merger ditargetkan selesai pada semester II/2024. 

"Akuisisi ini kan nantinya dilanjutkan penggabungan di separuh kedua tahun ini dan sinergi bakal terlihat setelah penggabungan tersebut," ujar Parwati dalam konferensi pers, Senin (18/3).

Hingga saat ini, masih belum ada rencana bisnis bank yang detail setelah penggabungan itu terjadi.

toto188

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close