GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Diklaim Punya Performa Unggulan, OpenAI Luncurkan GPT-4o Mini

ChatGPT
ChatGPT 
(Dok. Ist)

REPUBLIKINDONESIA.NET - Dalam perkembangan terkini di dunia kecerdasan buatan (AI), OpenAI telah merilis versi mini dari model GPT-4, yang dikenal sebagai GPT-4o mini. 

Menurut informasi yang dilansir oleh TechCrunch pada Jumat, 19 Juli 2024, model AI terbaru ini menawarkan performa yang cepat dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan model-model AI sebelumnya dari OpenAI.

GPT-4o mini telah tersedia untuk para pengembang dan pengguna ChatGPT, baik di situs web maupun aplikasi mobile. 

Selain itu, model ini juga akan segera hadir bagi pengguna ChatGPT Enterprise pada minggu depan.

“Agar setiap sudut dunia diberdayakan oleh AI, kita perlu membuat model ini jauh lebih terjangkau. Saya pikir GPT-4o mini adalah langkah besar ke arah itu,” kata kepala bagian produk API OpenAI Olivier Godement.

 OpenAI mengklaim bahwa kinerja GPT-4o mini unggul dibandingkan dengan model AI kecil lainnya dalam menangani tugas-tugas penalaran yang berkaitan dengan teks dan visual.

Semakin populernya model AI kecil di kalangan pengembang, hal ini disebabkan oleh kecepatan pemrosesan dan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan model yang lebih besar, seperti GPT-4 Omni atau Claude 3.5 Sonnet.

 GPT-4o mini akan menggantikan GPT-3.5 Turbo sebagai model terkecil yang ditawarkan oleh OpenAI.

Dalam pengujian MMLU, yang mengukur kemampuan penalaran model AI, GPT-4o mini mendapatkan skor 82 persen, mengalahkan Gemini 1.5 Flash dengan skor 79 persen dan Claude 3 Haiku dengan skor 75 persen. 

Pada pengujian MGSM, yang mengukur penalaran matematika, GPT-4o mini mencatatkan skor 87 persen, unggul dari Flash dengan 78 persen dan Haiku dengan 72 persen.

Selain itu, OpenAI mengklaim bahwa GPT-4o mini secara signifikan lebih terjangkau, dengan harga 60 persen lebih murah dibandingkan dengan GPT-3.5 Turbo. 

Saat ini, model ini mendukung tugas-tugas yang berkaitan dengan teks dan visual melalui API, dan di masa depan, OpenAI berencana untuk menambahkan dukungan bagi tugas-tugas video dan audio.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close