GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Slot Tak Kaget Liverpool Temukan Jude Bellingham Versi Mereka Sendiri

Ryan Gravenberch dinilai memiliki kemampuan layaknya Jude Bellingham
Ryan Gravenberch dinilai memiliki kemampuan layaknya Jude Bellingham.

REPUBLIKINDONESIA.NET - Ryan Gravenberch, gelandang Liverpool yang semakin menonjol, telah menjadi sorotan di Anfield. Pemain ini tak lepas dari perbandingan dengan beberapa nama besar seperti Jude Bellingham, bintang Real Madrid, dan Paul Pogba pada masa kejayaannya. Namun, perkembangan pesat Gravenberch dalam beberapa bulan terakhir tidak menjadi kejutan bagi Arne Slot, manajer Liverpool saat ini.

Sejak kedatangannya di bawah bimbingan Arne Slot, Gravenberch mengalami perubahan signifikan. Sebelumnya, di era Jurgen Klopp, ia jarang dimainkan. Namun, kini Gravenberch menjadi salah satu pemain utama yang kerap mengisi daftar starting line-up The Reds. Transformasi ini dianggap sebagai salah satu kisah sukses besar Liverpool di bawah kepemimpinan Slot.

Liverpool sebenarnya sudah mengantisipasi potensi Gravenberch jauh sebelum ia bergabung dengan Bayern Munich. Menurut laporan Melissa Reddy dari Sky Sports yang dikutip pada Jumat (11/10/2024), Liverpool telah menjadikannya sebagai salah satu dari tiga opsi gelandang yang mereka yakini mampu membawa perubahan besar. Dua pilihan lainnya adalah Jude Bellingham dan Aurelien Tchouameni dari Real Madrid.


Perbandingan dengan Paul Pogba

Sejak usia muda, Gravenberch sudah mendapatkan perhatian dari pelatih dan pengamat sepak bola. Brian Tevreden, mantan pelatih Gravenberch yang mempromosikannya ke tim U-15 Ajax saat ia berusia 12 tahun, menyamakan gaya permainannya dengan Paul Pogba.

"Secara fisik, saya melihat Frank Rijkaard karena ia tinggi dan sangat kuat," ujar Tevreden kepada Sky Sports.

"Namun secara teknis, saya akan mengatakan dia adalah versi Pogba yang lebih baik di hari-hari terbaiknya di Juventus, dalam hal teknik dan kehadirannya di lapangan. Dia sangat dominan seperti Pogba, dan itulah yang saya lihat dalam diri Ryan," sambungnya.


Van der Vaart: Gravenberch lebih baik dari Bellingham

Pujian serupa datang dari Rafael van der Vaart, mantan pemain Ajax dan Real Madrid. Van der Vaart menganggap Gravenberch lebih baik dari Bellingham dalam banyak aspek.

"Menurut saya, perbedaan besar [antara kedua pemain itu] adalah Bellingham berada satu tingkat lebih rendah di klub dan selalu bermain," kata Van der Vaart kepada Ziggo Sport pada tahun 2023, ketika Bellingham masih bermain untuk Borussia Dortmund.

"Saya pikir Gravenberch lebih baik darinya, dalam segala hal dan terutama secara fisik," tegasnya.

Van der Vaart bahkan memperkuat pendapatnya setahun kemudian, saat Gravenberch mulai bersinar di Liverpool.

"Saya tidak menyangka [Bellingham] akan menjalani musim yang bagus di Real Madrid, tetapi saya tetap pada komentar saya saat ini," jelasnya.

"Bellingham adalah pemain hebat, tentu saja. Bagaimanapun, karier yang satu berbeda dengan yang lain. Bagi saya, itu tidak mengurangi kualitas luar biasa Gravenberch," tambah dia.


Gaya bermain yang berbeda

Dalam perannya saat ini sebagai gelandang nomor enam di Liverpool, Gravenberch menjalani tugas yang sangat berbeda dibandingkan dengan Bellingham, yang bermain sebagai nomor 10 di Real Madrid. Meski begitu, dalam beberapa pekan terakhir, performa Gravenberch membuat banyak pihak percaya bahwa ia setidaknya sama baiknya dengan Bellingham.

Meskipun Gravenberch masih belum menghadapi lawan-lawan berat secara konsisten, Slot sudah mewaspadai hal itu dan secara terbuka menyatakan bahwa tantangan yang lebih besar masih menunggu Gravenberch di masa depan. Slot sering menekankan kualitas lawan yang dihadapi Gravenberch sejauh ini masih berada di level yang lebih rendah.

Untuk benar-benar memenuhi ekspektasi besar yang dibandingkan dengan Bellingham, Gravenberch perlu tampil konsisten sepanjang musim. Meski ukurannya masih relatif kecil, potensinya untuk mencapai level tertinggi sudah terlihat jelas. Pada usia 22 tahun, Gravenberch masih memiliki banyak ruang untuk berkembang, dan karier gemilangnya di masa depan tampak sangat cerah. Jika terus meningkatkan performanya, Gravenberch berpotensi menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia, seperti yang telah diprediksi banyak pengamat sepak bola.

slot

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close